Rabu, 16 Februari 2011

Ruud Gullit


Ruud Gullit

Mantan pemain terbaik Eropa Ruud Gullit terpilih menggantikan Frank Yallop sebagai pelatih tim sepak bola Los Angeles Galaxy.

Mantan pemain Belanda yang kini berusia 45 itu, sebelumnya pernah melatih Chelsea, Newcastle United, dan Feyenoord, akan dikenalkan dalam temu pers di Home Depot Center, Jumat, demikian pernyataan dari klub peserta kompetisi sepak bola Amerika, Major League Soccer (MLS) itu, Jumat.

Pemilihan Gullit itu membuat klub itu menjadi salah satu klub paling bergengsi di AS, setelah sebelumnya mantan kapten tim Inggris, David Beckham, bergabung dengan klub itu Juli dengan masa kontrak lima tahun.

Gullit dikontrak tiga tahun, seperti diberitakan media lokal.

Pemain Terbaik Eropa 1987 itu, merupakan pemain flamboyan Belanda yang merupakan salah satu mitos dalam "total football" dengan berbagai kemampuannya bermain di berbagai posisi di lapangan.

Piala Eropa

Ia bergabung dengan AC Milan pada 1987 dengan nilai kontrak terbesar dunia USD8,4 juta dan besama rekannya Frank Rijkaard dan Marco van Basten, mendukung klub Italia itu menjuarai Piala Eropa 1989 dan 1990.

Gullit bermain di Sampdoria dan Chelsea pada akhir karirnya sebelum menjadi pelatih Chelsea, Newcastle United, dan Feyenoord. Ia bekerja sebagai analis sepak bola di televisi sejak 2006.

Ia mengenalkan istilah sexy football ketika memberikan komentar di BBC sepanjang Kejuaraan Eropa 1996 di Inggris.

Senin lalu, Presiden Galaxy dan Manajer Umum Alexi Lalas mengatakan kepada wartawan bahwa klubnya sedang mencari pelatih yang sexy.

"Kami mencari pelatih yang tidak saja membawa pengaruh kepada Galaxy tetapi juga kepada jalannya kompetisi di negara ini, seperti yang kita harapkan dapat dilakukan David Beckham," kata Lalas.

Galaxy melepaskan pelatih Yallop, Senin, dan mantan pemain internasional Kanada itu akan melatih tim San Jose Earthquakes.

Di bawah komando Yallop, Galaxy gagal maju ke putaran playoff dalam dua musim ini.

Berikut ini biodata Ruud Gullit:

Lahir: 1 September 1962 di Amsterdam

* Dikontrak klub Belanda, Meerboys, sebagai pemain junior pada 1970 sebelum bergabung dengan Haarlem in 1978.

* Membuat debut untuk tim Belanda melawan Swiss pada 1981 ketika berusia 19 tahun. Pindah ke Feyenoord tahun berikutnya sebelum ditransfer PSV Eindhoven pada 1985 senilai 610.000 dolar.

* Dikontrak AC Milan, yang kemudian merupakan rekor termahal dunia, sebesar 8,4 juta pada 1987. Dengan permainan memukau di lini tengah, ia terpilih sebagai Pemain Terbaik Eropa.

* Mendukung Milan menjuarai kompetisi Liga Italia 1988 dan juga sebagai kapten timnas Belanda ke Kejuaraan Eropa tahun itu, setelah mencetak angka 2-0 di final lawan Uni Soviet.

* Memenangi gelar juara Italia ketiga kalinya bersama Milan pada 1993 sebelum bergabung dengan Sampdoria. Kembali ke gelanggang internasional melawan Skotlandia tahun berikutnya tetapi keluar dari markas latihan Piala Dunia setelah berseteru dengan pihak manajemen tiga minggu sebelum babak final. Mengakhiri karir internasional dengan 16 gol dam 66 penampilannya.

* Setelah mengalami masa sulit dengan Milan dan Sampdoria, ia bergabung dengan Chelsea pada 1995 untuk masa dua tahun sebelum tampil sebagai pemain-manajer dalam klub Liga Utama Inggris itu tahun berikutnya.

* Membawa Chelsea ke final Piala FA 1997 dan klub London itu meraih gelar juara pertama mereka dalam pertandingan besar selama 26 tahun, setelah mengalahkan Middlesbrough 2-0 di Wembley. Didepak Chelsea pada Pebruari 1998.

* Mengambil alih posisi Kenny Dalglish sebagai pelatih Newcastle

United pada Agustus 1998 tetapi menarik diri 12 bulan setelah itu karena mengalami awal memprihatinkan pada musim itu.

* Setelah empat tahun tidak tampil, ia dipilih sebagai pelatih tim usia di bawah 19 tahun Belanda pada Agustus 2003 dan membawa tim itu ke babak final Kejuaraan Eropa. Tahun berikutnya ia melatih Feyenoord, membawa tim itu ke tangga keempat kompetisi divisi satu Belanda sebelum mengundurkan diri pada Mei 2005.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar